Follow Me at Twitter

Thursday, February 23, 2017

Jangan Takut Bermimpi

Mimpi adalah angan-angan, cita-cita atau tujuan hidup yang ingin dicapai. Mimpi dapat menghantarkan seseorang pada perwujudan yang dicita-citakan. Namun sebagian orang meragukan perannya, sehingga mimpi itu hanya tumpukan asa tanpa realita. “Orang tanpa kita tak punya apa-apa kecuali semangat dan mimpi-mimpi. Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati.” Begitu kata Arai pada ikal dalam novel “sang pemimpi”salah satu tetrologi Laskar Pelangi.
Tanpa mimpi, kehidupan seolah tak bertujuan, kering semangat dan jauh dari makna. Mimpi adalah kompas yang akan menunjukkan kita arah tujuan hidup. Mimpi adalah peta, rasi bintang dan simbol arah yang menjadi pegangan setiap pesona. Mimpi adalah modal utama dalam membelah jalan kehidupan yang penuh liku dan deru.  Anmun tidakk semua orang berani bermimpi, kendati tidak menyalurkan sepeser pun uangutnuk sebuah mimpi., tapi bagi sebagian orang mimpi adalah hal yang mustahil untuk dilakukan. Terlalu banyak pertimbangan, sikap apatis dan aneka produk underestimate terhadap kemampuan diri sendiri yang menggerayangi keberanian untuk bermimpi. Padahal sebuah mimpi menjadi kunci pembuka bagi sebuah transformasi indah menuju legenda seseorang. Kunci selanjutnya ada pada kekuatan pikiran, yang akan mewujudakan pencapaian legenda seseorang tersebut. Perhatikanlah firman Allah SWT dalam al-qur’an “tidakkah mereka melakukan perjalanan di muka bumi sehingga mereka mempunyai kekuatan pikiran (hati).” Dengan itu mereka merasa dan memppunyai telinga yang dengan itu mereka mendengar? Sungguh, bukanlah matanya yang buta teapi yang buta adalah hatinya, ada dalam (rongga) dada. (QS. 22 Surat Al-Hajj ayat 46.
Manusia diciptakan untuk mampu melakukan segalanya sebelum dikacauoleh ketidakmampuan yang datang dari luar dirinya. Karena manusia adalah mahluk yang paling sempurna dengan perangkat maha hebat yang dimilikinya yakni akal pikiran. Demikian dahsyatnya akal pikiran  ini, sehingga dikatakan cendikiawan muslim Haidar Baqir “Seolah-olah akal adalah rasul dalam diri manusia. Kalau kita menggunakannya dengan benar, maka akal akan membawa kita naik dan makin dekat dengan Allah.” Kita punya akal pikiran yang membawa kita pada pencapaian mimpi kita. Rhonda Byre dalam bukunya The Secret, menuliskan “Didalam diri kita terdapat magnet yang lebih kuat dari apapun. Dan magnet itu dipancarkan melalui pikiran kita. Ketika kita memikirkan sesuatu, otomatis akan menarik apa yang anda pikirkan itu.”
Jadi, jangan takut bermimpi. Hidup menawarkan berbagai eksotisme tantangan, peluang dan kemenangan, mengapa kita tidak melalui semua itu dengan bermimpi bahwa kita akan mencapai derajat kemenangan pada banyak hal.

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran sangat dibutuhkan untuk belajar lebih baik.