Follow Me at Twitter

Friday, March 3, 2017

BELAJAR EFEKTIF

Pusing mikirin ujian ini, ujian itu? Les ini les itu? Atau pusing mikirin bagamna ya caranya agar setiap pelajran yang kita terima cepat terserap dalam otak, pikiran, bahkan dalam hati? Ini masalah yang kerap kali dialami oleh semua pelajar. Jungkir balik belajar tapi pelajaran gak masuk-masuk? (lah kalian sih belajarnya jungir balik).Dari pada kalian harus jungkir balik belajar, nih ada sedikit tips cara belajar efektif. Yuk simak tips-tips dari sobat anda diseluruh dunia.
  1. Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya. Hari pertama sekolah, ulang kembali yang pernah didapat. Setelah itu, baca secara singkat dua  halaman materi berikutnya buat mendapatkan gambarannya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, anda sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan apa yang belum anda ketahui.
  2. Usahakan konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah
  3. Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetil ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja membaca ulang pelajaran yang baru saja didapat dari sekolah.
  4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan tersebut, kemudian buat kesimpulan dengan kata-kata sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.
  5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran, tidak perlu membuka semua buku.
  6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca dan menulis. Mengajari teman lain tentang materi yangbaru diulang, bisa membuat selalu ingat akan materi tersebut.
  7. Sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya: selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.
  8. Ada beberapa teman dari Australi yang menyukai waktu belajar disianghari. Maklum, badan masih segar setelah cukup tidur di malam hari dan semangat masih tinggi. Malam hari hanya mereka gunakan untuk lengrjakan aktivitas ringan atau pekerjaan ringan rumah.
  9.  Kalau badan capek, akan susah untuk konsentrasi. Beberapa teman menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ujian.
  10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asik, pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam bethoven atau Mozart bisa dicoba.

Memang bingung ya kalau semua orang saling memberitahu apa yangharus anda kerjakan. Yang paling penting adalah utamakan prioritasmu sendiri. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang telah kita hasilkan.

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran sangat dibutuhkan untuk belajar lebih baik.